title

Kejar Paket Pintar

Kejar Paket Pintar

3
Followers
0
Plays
Kejar Paket Pintar
Kejar Paket Pintar

Kejar Paket Pintar

Kejar Paket Pintar

3
Followers
0
Plays
OVERVIEWEPISODESYOU MAY ALSO LIKE

Details

About Us

Started by blogger / sometimes writer Laila Achmad and art producer Dara Hanafi from Jakarta, Kejar Paket Pintar podcast is a conversation between two friends on which anyone can eavesdrop. Kejar Paket Pintar discusses both highbrow and lowbrow topics in pop culture, social phenomena, science, human behavior, politics, books / music / film, gender issues, with everything from Raisa to Jokowi in between.

Latest Episodes

Episode 27: Sudah Jadi Korban, Berjuang Sendirian - bagian 2

Satu ditekan untuk berhubungan seks. Satu dipukuli pacarnya. Satu mengalami kekerasan seksual oleh atasannya. Satu dihamili tanpa dia sadari. Ini adalah kisah nyata empat perempuan, yang bisa menimpa kita semua, kalau payung hukum kekerasan seksual di Indonesia nggak berubah. Kisah-kisah dan obrolan ini kami rangkum dalam dua episode. "Sudah Jadi Korban, Berjuang Sendirian", bagian kedua. --- Episode ini terlaksana karena kerjasama dengan Amnesty Internasional Indonesia. Terimakasih kepada Azriana Manalu (Komnas Perempuan), Hera Diani (Magdalene.co), Ignatia Alfa Gloria (Aliansi Satu Visi), Rika Rosvianti (_perEMPUan_), dan keempat perempuan hebat narasumber kami, yang semua namanya bukan nama asli. Song credit: "Ave Maria" / Written by Franz Schubert / 1825 "Theme from Schindler's List" / Written by John Williams / MCA, 1994 "Melati Suci" / Written by Guruh Soekarnoputra / Performed by Tika Bisono / 1980 "Masseduction" / Written by Clark, Mark Anthony Spears, Jack Antonoff / Performed by St Vincent / Loma Vista, 2017 "Deadbody" / Written by Justin Raisen & Miya Folick / Performed by Miya Folick / Interscope, 2018

65 MIN2 w ago
Comments
Episode 27: Sudah Jadi Korban, Berjuang Sendirian - bagian 2

Episode 26: Sudah Jadi Korban, Berjuang Sendirian - bagian 1

Satu ditekan untuk berhubungan seks. Satu dipukuli pacarnya. Satu mengalami kekerasan seksual oleh atasannya. Satu dihamili tanpa dia sadari. Ini adalah kisah nyata empat perempuan, yang bisa menimpa kita semua, kalau payung hukum kekerasan seksual di Indonesia nggak berubah. Kisah-kisah dan obrolan ini kami rangkum dalam dua episode. "Sudah Jadi Korban, Berjuang Sendirian", bagian pertama. --- Episode ini terlaksana karena kerjasama dengan Amnesty Internasional Indonesia. Terimakasih kepada Azriana Manalu (Komnas Perempuan), Hera Diani (Magdalene.co), Ignatia Alfa Gloria (Aliansi Satu Visi), Rika Rosvianti (_perEMPUan_), dan keempat perempuan hebat narasumber kami, yang semua namanya bukan nama asli. Song credit: "Ave Maria" / Written by Franz Schubert / 1825 "Theme from Schindler's List" / Written by John Williams / MCA, 1994 "Diam" / Written by Potret / Performed by Potret / Aquarius Musikindo, 1998 "Masseduction" / Written by Clark, Mark Anthony Spears, Jack Antonoff / Performed by St Vincent / Loma Vista, 2017 "Deadbody" / Written by Justin Raisen & Miya Folick / Performed by Miya Folick / Interscope, 2018

47 MIN3 w ago
Comments
Episode 26: Sudah Jadi Korban, Berjuang Sendirian - bagian 1

Kejar Paket Pintar - Episode 25: Merekam yang Jahanam

Siapa sebenarnya keluargamu? Ini adalah pertanyaan utama dalam film horor terbaru Joko Anwar, Perempuan Tanah Jahanam, yang sudah bisa ditonton mulai Oktober 2019 ini. Laila dan Dara menyelami kisi-kisi seram Perempuan Tanah Jahanam bersama tiga aktor utamanya - Tara Basro, Marissa Anita, dan Zidni Hakim. Lebih dalam dari sekedar membahas adegan-adegan seram, mereka juga mengulik filosofi di film ini. "Kerasa nggak?"

37 MINOCT 18
Comments
Kejar Paket Pintar - Episode 25: Merekam yang Jahanam

Kejar Paket Pintar - Episode 24: Dengan Seni, Yang Hilang Tetap Lantang

Manusia pasti lupa. Pasti. Tapi satu hal yang seharusnya nggak kita lupakan adalah hilangnya beberapa warga Indonesia di tahun 1998. Cara melawan lupa ada banyak, salah satunya dengan karya seni. Kejar Paket Pintar bekerjasama dengan Amnesty Internasional Indonesia. Song credit: "For What It's Worth" / Written by Stephen Stills / Performed by Malia J / Cinepop Music, 2018 "Melankolia" / Written by Cholil Mahmud / Performed by Efek Rumah Kaca / Paviliun Records, 2007 "Di Udara" / Written by Cholil Mahmud / Performed by Efek Rumah Kaca / Paviliun Records, 2007 "Jingga (Hilang)" / Written by Cholil Mahmud / Performed by Efek Rumah Kaca / Jangan Marah Records, 2015 "Aku Cinta Rupiah" / Written by Tonny Hawaii / Performed by Cindy Cenora / Supranada Abadi Records, Fajar Irama Sejahtera, 1998 Soundbyte credit: "Dari Perspektif Nezar Patria Tentang Penculikan Aktivis 1998" / Menjadi Manusia / www.youtube.com/watch?v=shDLaIjlNOA&t=352s "Wiji Thukul - Apa Guna (Di Bawah Selimut Kedamaian Pal...

68 MINSEP 22
Comments
Kejar Paket Pintar - Episode 24: Dengan Seni, Yang Hilang Tetap Lantang

Kejar Paket Pintar - Episode 23: Nostalgia Nista Masa Muda

Laila dan Dara mengenang secuil (baru secuil, ya) dari segudang aib yang mereka lakukan di masa muda, dengan fokus pada masa-masa saat mereka masih jadi fangirls.

41 MINSEP 4
Comments
Kejar Paket Pintar - Episode 23: Nostalgia Nista Masa Muda

Kejar Paket Pintar - Episode 22: Misteri Anak Muda

Waktu terus berjalan. Nggak terasa, Laila dan Dara sudah murni jadi tante-tante. Nggak terasa juga, dedek-dedek yang rasanya kemarin masih sepedaan sore-sore sambil disuapin makan sama maknya, kok sekarang sudah jadi kolega kerja?! Makin ke sini, kami makin sering bersinggungan dengan para Milenial muda dan Gen Z, tapi ada banyak sekali hal-hal yang nggak kami pahami dari dunia mereka. Episode ini membahas beberapa diantaranya.

24 MINJUL 25
Comments
Kejar Paket Pintar - Episode 22: Misteri Anak Muda

Kejar Paket Pintar Mini-episode: Kenapa Kita Nggak Bisa Jadi Rasional?

Laila membahas tentang kenapa kita nggak bisa jadi rasional, termasuk saat menjadi pemilih di Pemilu 2019 lalu.

26 MINJUL 1
Comments
Kejar Paket Pintar Mini-episode: Kenapa Kita Nggak Bisa Jadi Rasional?

Kejar Paket Pintar - Episode 21: Kursi Keramat Akhirnya Tamat

Seandainya dua penulis seri Game of Thrones - David Benioff dan DB Weiss - Lebaranan, pasti mereka bakal ngucapin mohon maaf lahir dan batin. Kenapa? Karena tahun ini, seri legendaris Game of Thrones tamat, tapi season final-nya dianggap buruk sekali oleh banyak pemirsa GoT. Dimaafin nggak ya, ges? Dara dan Laila memutuskan untuk memaafkan, dan episode ini menjelaskan alasannya.

36 MINMAY 25
Comments
Kejar Paket Pintar - Episode 21: Kursi Keramat Akhirnya Tamat

Kejar Paket Pintar - Episode 20: Air Keras Nggak Lumpuhkan Integritas

Kejar Paket Pintar berkesempatan ngobrol bareng Novel Baswedan, salah satu penyidik terbaik Komisi Pemberantasan Korupsi Indonesia, yang diserang dengan siraman air keras pada April 2017, tepat dua tahun lalu (sesi wawancara dimulai di menit ke-18) Selama dua tahun ini, mata Novel Baswedan berulang kali dioperasi, berusaha dipulihkan. Tapi yang nggak pernah berusaha “dipulihkan” adalah keamanan Novel Baswedan dan KPK secara keseluruhan. Selama dua tahun, nggak pernah ada usaha pengungkapan yang riil atas kasus ini, dari kepolisian maupun negara. KPK malah semakin ditekan dan dilumpuhkan oleh oknum-oknum yang gelisah dengan lembaga tersebut, dan negara terlihat nggak “berdaya”. Obrolan Laila dan Dara bersama Novel Baswedan nggak hanya mengungkap perspektif beliau tentang penyerangan terhadapnya dan KPK (perhatikan hal-hal kecil yang beliau implikasikan!), tapi juga perspektifnya tentang integritas. Terlepas dari semua yang beliau alami, Mas Novel nggak pernah tutup mata terhadap korupsi, dan kami harap kamu juga.

62 MINAPR 20
Comments
Kejar Paket Pintar - Episode 20: Air Keras Nggak Lumpuhkan Integritas

Kejar Paket Pintar - Episode 19: Protes Sampai Patriarki Kempes

Women's March Jakarta (WMJ) adalah sebuah aksi turun ke jalan menuntut kesetaraan, yang digelar setahun sekali sejak 2017. WMJ adalah salah satu corong suara bagi kelompok minoritas negara ini, termasuk perempuan (iya, KPP meyakini perempuan di Indonesia masih minoritas - atau "warga kelas dua" - akibat kepercayaan patriarki yang terlalu mengakar). Di tahun ketiganya ini, sudah sejauh mana keberhasilan WMJ dalam mewujudkan kesetaraan? Apakah poster-poster demo dengan sahut-sahutan kreatif mereka - yang kayaknya menjadi ciri WMJ tiap tahun - bisa menggugah para pemangku kepentingan untuk membuat kebijakan-kebijakan negara yang lebih setara dan inklusif? Sebelum ikut turun ke jalan di acara aksi WMJ ke-3 tanggal 27 April 2019 nanti, Dara dan Laila mencoba memperkaya wawasan tentang WMJ bersama Ketua WMJ 2019, Fahmia "Mia" Badib, dan Koordinator Acara sekaligus jubir WMJ 2019, Anindya "Vivi" Restuviani. Nggak ketinggalan seorang rekan kami, Mas Heriko, yang akan memberikan perspektifnya sendiri tentang feminisme.

49 MINAPR 10
Comments
Kejar Paket Pintar - Episode 19: Protes Sampai Patriarki Kempes

Latest Episodes

Episode 27: Sudah Jadi Korban, Berjuang Sendirian - bagian 2

Satu ditekan untuk berhubungan seks. Satu dipukuli pacarnya. Satu mengalami kekerasan seksual oleh atasannya. Satu dihamili tanpa dia sadari. Ini adalah kisah nyata empat perempuan, yang bisa menimpa kita semua, kalau payung hukum kekerasan seksual di Indonesia nggak berubah. Kisah-kisah dan obrolan ini kami rangkum dalam dua episode. "Sudah Jadi Korban, Berjuang Sendirian", bagian kedua. --- Episode ini terlaksana karena kerjasama dengan Amnesty Internasional Indonesia. Terimakasih kepada Azriana Manalu (Komnas Perempuan), Hera Diani (Magdalene.co), Ignatia Alfa Gloria (Aliansi Satu Visi), Rika Rosvianti (_perEMPUan_), dan keempat perempuan hebat narasumber kami, yang semua namanya bukan nama asli. Song credit: "Ave Maria" / Written by Franz Schubert / 1825 "Theme from Schindler's List" / Written by John Williams / MCA, 1994 "Melati Suci" / Written by Guruh Soekarnoputra / Performed by Tika Bisono / 1980 "Masseduction" / Written by Clark, Mark Anthony Spears, Jack Antonoff / Performed by St Vincent / Loma Vista, 2017 "Deadbody" / Written by Justin Raisen & Miya Folick / Performed by Miya Folick / Interscope, 2018

65 MIN2 w ago
Comments
Episode 27: Sudah Jadi Korban, Berjuang Sendirian - bagian 2

Episode 26: Sudah Jadi Korban, Berjuang Sendirian - bagian 1

Satu ditekan untuk berhubungan seks. Satu dipukuli pacarnya. Satu mengalami kekerasan seksual oleh atasannya. Satu dihamili tanpa dia sadari. Ini adalah kisah nyata empat perempuan, yang bisa menimpa kita semua, kalau payung hukum kekerasan seksual di Indonesia nggak berubah. Kisah-kisah dan obrolan ini kami rangkum dalam dua episode. "Sudah Jadi Korban, Berjuang Sendirian", bagian pertama. --- Episode ini terlaksana karena kerjasama dengan Amnesty Internasional Indonesia. Terimakasih kepada Azriana Manalu (Komnas Perempuan), Hera Diani (Magdalene.co), Ignatia Alfa Gloria (Aliansi Satu Visi), Rika Rosvianti (_perEMPUan_), dan keempat perempuan hebat narasumber kami, yang semua namanya bukan nama asli. Song credit: "Ave Maria" / Written by Franz Schubert / 1825 "Theme from Schindler's List" / Written by John Williams / MCA, 1994 "Diam" / Written by Potret / Performed by Potret / Aquarius Musikindo, 1998 "Masseduction" / Written by Clark, Mark Anthony Spears, Jack Antonoff / Performed by St Vincent / Loma Vista, 2017 "Deadbody" / Written by Justin Raisen & Miya Folick / Performed by Miya Folick / Interscope, 2018

47 MIN3 w ago
Comments
Episode 26: Sudah Jadi Korban, Berjuang Sendirian - bagian 1

Kejar Paket Pintar - Episode 25: Merekam yang Jahanam

Siapa sebenarnya keluargamu? Ini adalah pertanyaan utama dalam film horor terbaru Joko Anwar, Perempuan Tanah Jahanam, yang sudah bisa ditonton mulai Oktober 2019 ini. Laila dan Dara menyelami kisi-kisi seram Perempuan Tanah Jahanam bersama tiga aktor utamanya - Tara Basro, Marissa Anita, dan Zidni Hakim. Lebih dalam dari sekedar membahas adegan-adegan seram, mereka juga mengulik filosofi di film ini. "Kerasa nggak?"

37 MINOCT 18
Comments
Kejar Paket Pintar - Episode 25: Merekam yang Jahanam

Kejar Paket Pintar - Episode 24: Dengan Seni, Yang Hilang Tetap Lantang

Manusia pasti lupa. Pasti. Tapi satu hal yang seharusnya nggak kita lupakan adalah hilangnya beberapa warga Indonesia di tahun 1998. Cara melawan lupa ada banyak, salah satunya dengan karya seni. Kejar Paket Pintar bekerjasama dengan Amnesty Internasional Indonesia. Song credit: "For What It's Worth" / Written by Stephen Stills / Performed by Malia J / Cinepop Music, 2018 "Melankolia" / Written by Cholil Mahmud / Performed by Efek Rumah Kaca / Paviliun Records, 2007 "Di Udara" / Written by Cholil Mahmud / Performed by Efek Rumah Kaca / Paviliun Records, 2007 "Jingga (Hilang)" / Written by Cholil Mahmud / Performed by Efek Rumah Kaca / Jangan Marah Records, 2015 "Aku Cinta Rupiah" / Written by Tonny Hawaii / Performed by Cindy Cenora / Supranada Abadi Records, Fajar Irama Sejahtera, 1998 Soundbyte credit: "Dari Perspektif Nezar Patria Tentang Penculikan Aktivis 1998" / Menjadi Manusia / www.youtube.com/watch?v=shDLaIjlNOA&t=352s "Wiji Thukul - Apa Guna (Di Bawah Selimut Kedamaian Pal...

68 MINSEP 22
Comments
Kejar Paket Pintar - Episode 24: Dengan Seni, Yang Hilang Tetap Lantang

Kejar Paket Pintar - Episode 23: Nostalgia Nista Masa Muda

Laila dan Dara mengenang secuil (baru secuil, ya) dari segudang aib yang mereka lakukan di masa muda, dengan fokus pada masa-masa saat mereka masih jadi fangirls.

41 MINSEP 4
Comments
Kejar Paket Pintar - Episode 23: Nostalgia Nista Masa Muda

Kejar Paket Pintar - Episode 22: Misteri Anak Muda

Waktu terus berjalan. Nggak terasa, Laila dan Dara sudah murni jadi tante-tante. Nggak terasa juga, dedek-dedek yang rasanya kemarin masih sepedaan sore-sore sambil disuapin makan sama maknya, kok sekarang sudah jadi kolega kerja?! Makin ke sini, kami makin sering bersinggungan dengan para Milenial muda dan Gen Z, tapi ada banyak sekali hal-hal yang nggak kami pahami dari dunia mereka. Episode ini membahas beberapa diantaranya.

24 MINJUL 25
Comments
Kejar Paket Pintar - Episode 22: Misteri Anak Muda

Kejar Paket Pintar Mini-episode: Kenapa Kita Nggak Bisa Jadi Rasional?

Laila membahas tentang kenapa kita nggak bisa jadi rasional, termasuk saat menjadi pemilih di Pemilu 2019 lalu.

26 MINJUL 1
Comments
Kejar Paket Pintar Mini-episode: Kenapa Kita Nggak Bisa Jadi Rasional?

Kejar Paket Pintar - Episode 21: Kursi Keramat Akhirnya Tamat

Seandainya dua penulis seri Game of Thrones - David Benioff dan DB Weiss - Lebaranan, pasti mereka bakal ngucapin mohon maaf lahir dan batin. Kenapa? Karena tahun ini, seri legendaris Game of Thrones tamat, tapi season final-nya dianggap buruk sekali oleh banyak pemirsa GoT. Dimaafin nggak ya, ges? Dara dan Laila memutuskan untuk memaafkan, dan episode ini menjelaskan alasannya.

36 MINMAY 25
Comments
Kejar Paket Pintar - Episode 21: Kursi Keramat Akhirnya Tamat

Kejar Paket Pintar - Episode 20: Air Keras Nggak Lumpuhkan Integritas

Kejar Paket Pintar berkesempatan ngobrol bareng Novel Baswedan, salah satu penyidik terbaik Komisi Pemberantasan Korupsi Indonesia, yang diserang dengan siraman air keras pada April 2017, tepat dua tahun lalu (sesi wawancara dimulai di menit ke-18) Selama dua tahun ini, mata Novel Baswedan berulang kali dioperasi, berusaha dipulihkan. Tapi yang nggak pernah berusaha “dipulihkan” adalah keamanan Novel Baswedan dan KPK secara keseluruhan. Selama dua tahun, nggak pernah ada usaha pengungkapan yang riil atas kasus ini, dari kepolisian maupun negara. KPK malah semakin ditekan dan dilumpuhkan oleh oknum-oknum yang gelisah dengan lembaga tersebut, dan negara terlihat nggak “berdaya”. Obrolan Laila dan Dara bersama Novel Baswedan nggak hanya mengungkap perspektif beliau tentang penyerangan terhadapnya dan KPK (perhatikan hal-hal kecil yang beliau implikasikan!), tapi juga perspektifnya tentang integritas. Terlepas dari semua yang beliau alami, Mas Novel nggak pernah tutup mata terhadap korupsi, dan kami harap kamu juga.

62 MINAPR 20
Comments
Kejar Paket Pintar - Episode 20: Air Keras Nggak Lumpuhkan Integritas

Kejar Paket Pintar - Episode 19: Protes Sampai Patriarki Kempes

Women's March Jakarta (WMJ) adalah sebuah aksi turun ke jalan menuntut kesetaraan, yang digelar setahun sekali sejak 2017. WMJ adalah salah satu corong suara bagi kelompok minoritas negara ini, termasuk perempuan (iya, KPP meyakini perempuan di Indonesia masih minoritas - atau "warga kelas dua" - akibat kepercayaan patriarki yang terlalu mengakar). Di tahun ketiganya ini, sudah sejauh mana keberhasilan WMJ dalam mewujudkan kesetaraan? Apakah poster-poster demo dengan sahut-sahutan kreatif mereka - yang kayaknya menjadi ciri WMJ tiap tahun - bisa menggugah para pemangku kepentingan untuk membuat kebijakan-kebijakan negara yang lebih setara dan inklusif? Sebelum ikut turun ke jalan di acara aksi WMJ ke-3 tanggal 27 April 2019 nanti, Dara dan Laila mencoba memperkaya wawasan tentang WMJ bersama Ketua WMJ 2019, Fahmia "Mia" Badib, dan Koordinator Acara sekaligus jubir WMJ 2019, Anindya "Vivi" Restuviani. Nggak ketinggalan seorang rekan kami, Mas Heriko, yang akan memberikan perspektifnya sendiri tentang feminisme.

49 MINAPR 10
Comments
Kejar Paket Pintar - Episode 19: Protes Sampai Patriarki Kempes
hmly
himalayaプレミアムへようこそ聴き放題のオーディオブックをお楽しみください。